09/05/14

YKS (Yuk Keep Smile) Dan Participative Branding.


Sejak akhir 2013, Yuk Keep Smile (YKS) menjadi acara yang masif. Mengudara di saluran Trans TV, salah satu stasiun televisi terbesar di Indonesia, sepanjang prime time selama 4 jam, sudah dipastikan acara ini memiliki viewer yang paling banyak di indonesia. dengan memadukan konsep sketsa komedi, kuis interaktif, games dan 'goyang rame-rame' yang membuat Yuk Keep Smile menjadi acara dengan tingkat interaksi yang tinggi antara artis, penonton serta kru dan menghasilkan fun yang sangat intens. Hal ini sangat baik karena semakin hidup suatu acara hiburan maka semakin banyak peminatnya.

Hal yang unik dari YKS adalah dieksposnya kru perusahaan di dalam acara. Kru perusahaan yang menjadi duta brand Trans Corporation, terlibat aktif dalam acara, pada saat sesi komedi maupun menari bersama-sama seirama dengan para artis dan audiens. Eksposur para kru melalui kolaborasi dan keseiramaan inilah yang merupakan implementasi participative branding. 

Participative brandingStrategi branding yang satu ini memiliki cara kerja seperti halnya sebuah interaksi sosial. Kita akan senang dan percaya terhadap seseorang ketika orang itu bisa membangun interaksi yang partisipatif dengan kita, seperti memiliki minat yang sama hingga berkolaborasi dalam melakukan sesuatu. Dalam hal ini, YKS mengekspos lebh jauh para kru TransCorp dengan cara berjoget dangdut bersama-sama dan tampil di tengah acara bersama para artis dan penonton di studio, peristiwa inilah yang kemudian mempererat ikatan antara brand TransCorp dengan para pemirsa, serta membawa dampak-dampak positif bagi persepsi audiens terhadap brand Trans Corporation.


Participative branding membuat brand menjadi lebih down to earth. Dibandingkan dengan brand kompetitornya, teknik branding yang ada pada TransCorp ini lebih memperkecil jurang persepsi yang ada antara brand dan audiensnya sendiri, melalui partisipasi kru yang fun dalam acara, merujuk ke teori interaksi sosial tadi, pemirsa bisa merasakan bahwa brand TransCorp sangat dekat dengan mereka dan kedekatan tersebut menghasilkan trust yang lebih solid terhadap brand.

Participative branding memancarkan personality. partisipasi aktif dan seru yang dtunjukkan para kru menunjukkan karakter tertentu yang diasosiasikan kepada brand TransCorp. performa yang enerjik, interaksi yang playful, muda dan berpenampilan menarik, dilengkapi kisah-kisah mereka yang dihubungkan dengan para selebriti menimbulkan kesan fun, active dan creative terhadap brand.

Teknik branding yang dipunyai Trans Corporation ini merupakan sebuah aset keunggulan yang kuat. Melalui participative branding, telah terpatri di pikiran masyarakat akan karakter ertentu dan rasa kedekatan yang melekat pada brand ini, sesuatu yang unik dan berbeda dari para pesaingnya, yang bahkan kemudian bisa bedampak positif terhadap elemen brand TransCorp dan konsep bisnisnya kedepan.

Sumber Gambar:
azzamalfa.blogspot.com
acara-acara.com

0 comments:

Posting Komentar